TUGAS JEJARING SOSIAL “DESKRIPSI TENTANG SOSIAL MEDIA TIKTOK”
TUGAS JEJARING SOSIAL
“DESKRIPSI
TENTANG SOSIAL MEDIA TIKTOK”
DISUSUN OLEH:
Nama : Jefri Jayanto
NPM : 13119128
Kelas : 3KA22
FAKULTAS ILMU KOMPUTER & TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA 2021/2022
v Media Sosial
Media sosial
adalah media yang berupa situs dan aplikasi yang melibatkan teknologi berbasis
internet. Media ini mendorong dan memungkinan penggunanya untuk saling
terhubung dengan siapa saja di seluruh dunia. Media sosial juga merupakan sebuah
kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun atas ideologi dan teknologi
Web 2.0 yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran konten yang di buat
pengguna.
Istilah Web
2.0 sendiri merupakan gagasan yang di ciptakan dan dipopulerkan oleh konsultan
media Tim O’Reilly pada tahun 2003 (Lister, 2009: 204). Web 2.0 merujuk dari
media internet yang tidak lagi hanya sekedar penghubung antara individu dan
perangkat yaitu teknologi dan jaringan komputer, tetapi juga melibatkan
individu untuk mempublikasikan secara bersama, dapat melengkapi dan mengolah
data.
v Tik Tok
Tik Tok
merupakan aplikasi asal China yang baru diluncurkan dan masuk di Indonesia pada
akhir tahun 2017. Menurut Viv Gong, Head of Marketing Tik Tok mengatakan,
Indonesia mendapatkan peringkat ke-6 terbesar di dunia dalam hal jumlah
pengguna internet, sehinggal hal tersebut yang mendasari aplikasi Tik Tok masuk
ke Indonesia. Tik Tok merupakan aplikasi yang di buat oleh perusahaan ByteDance
asal China yang bergerak dalam bidang teknologi kecerdasaan buatan yang sudah
terkenal di dunia dalam hal distribusi informasi melalui media atau produk
elektronik. Tik Tok sendiri dapat diunduh oleh penggunanya melalui aplikasi
android googleplay dan appstore. Secara global, aplikasi Tik Tok telah diunduh
lebih dari 500 juta kali dengan penonton video harian mencapai 10 milyar serta
150 juta pengguna dengan negara kontributor tertinggi adalah Amerika Serikat
dan Inggris.
Tik Tok
merupakan media sosial baru yang memberi wadah kepada para penggunanya untuk
dapat berekspresi mengasah bakat melalui konten video. Tik Tok menjadikan
ponsel pengguna sebagai studio berjalan. Berdurasi kurang lebih 15 detik,
aplikasi ini menghadirkan special effects yang menarik dan mudah digunakan
sehingga semua orang bisa menciptakan sebuah video yang keren dengan mudah.
Didalamnya terdapat Special effects seperti efek shaking and shivering pada
video dengan electronic music, merubah warna rambut, 3D stickers, dan properti
lainnya. Sebagai tambahan, kreator dapat lebih mengembangkan bakatnya tanpa
batas hanya dengan memasuki perpustakaan musik lengkap Tik Tok. Hal tersebut
yang menjadikan Tik Tok berbeda dengan media sosial lainnya dan mendukung
pengguna untuk berekspresi dalam menyalurkan bakatnya.
v Perkembangan Tik Tok di Indonesia
Indonesia
menjadi salah satu taget utama dari media sosial Tik Tok untuk menarik minat
masyarakatnya. Dalam data yang dikeluarkan oleh Kemenkominfo bahwa Indonesia
merupakan pengguna internet terbesar ke 6 di dunia dimana China menduduki
urutan pertama kemudian Amerika Serikat, India, Brasil, dan Jepang di urutan
berikutnya. Data itulah yang membuat Indonesia menjadi target besar bagi para
pengembang aplikasi media sosial untu memasarkan produknya.
Kehadiran
Tik Tok di Indonesia sendiri baru dimulai pada September 2017, menargetkan
jumlah pengguna yang besar karena pengguna internet yang terus meningkat.
Selain itu pihak Tik Tok juga menyadari bagaimana genereasi muda khusunya di
Indonesia memilki rasa narsis dan kreatif, hadirnya profesi-profesi yang dilatarbelakangi
oleh media sosial seperti Youtuber sebutan untuk pengguna yang aktif dan
terkenal di media sosial Youtube, Selebgram sebutan bagi pengguna Instragam
yang memiliki pengikut yang banyak dan terkenal dan lain-lain, hal ini yang
melatarbelakangi Tik Tok akan terus berkembang di Indonesia.
v Fitur Fitur Tiktok
1. Penambahan music
Sesuai dengan penjelasan di atas, Tik Tok merupakan salah satu platform
video musik. Ini artinya salah satu fitur utama yang terdapat pada aplikasi Tik
Tok adalah fitur penambahan musik. Anda dapat menambahkan beragam jenis musik
yang sesuai dengan konten video yang ingin Anda buat.
2. Filter pada video
Fitur ke-2 yang juga dapat digunakan oleh seluruh pengguna Tik Tok adalah
fitur filter yang ada pada video. Pengguna bisa menambahkan filter pada video
untuk mengubah tune warna pada video. Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan
tone dan rona sesuai dengan objek video Anda.
3. Filter sticker dan efek video
Tik Tok menyediakan setidaknya 5 kategori efek yang dapat Anda coba,
diantaranya ada efek visual, efek sticker, efek transition, efek split dan juga
waktu. Dalam efek stiker anda dapat menemukan beragam pilihan seperti, hot,
classic, selfie, hair, funny, interactive, heart, vlog, animal dan glasses.
Filer ini tak lain bertujuan untuk membuat video yang dibuat menjadi terkesan
lebih kreatif.
4. Filter voice changer
Pengguna kini dapat mengubah suaranya dalam video yang mereka buat dengan
menggunakan fitur Voice Changer ini. Dengan beragam efek suara yang berbeda,
pengguna kini dapat menambahkan keseruan dan kreativitas ke dalam video mereka
dengan mudah.
5. Filter Beautify
Bagi Anda yang ingin tampil lebih percaya diri disetiap video yang
dibuat, Tik Tok menyediakan fitur beautify yang dapat membuat wajah para
pengguna akan terlihat jadi jauh lebih cantik atau lebih tampan, bahkan
terlihat lebih keren dan juga unik.
Selain itu, Fitur ini juga bisa mengatur bentuk wajah, warna mata, dan
juga memperhalus wajah.
6. Filter auto captions
Fitur ini merupakan salah satu fitur baru yang disediakan oleh Tik Tok.
Fitur ini memungkinkan kreator konten Tik Tok menyertakan subtitle yang dibuat
secara otomatis oleh aplikasi.
v Kelebihan
dan Kekurangan dari Tiktok
Kelebihan :
1. Sebagai salah satu aplikasi yang dapat
mendorong kreativitas seseroang dalam membuatsuatu karya.
2.Aplikasi untuk mengekspresikan
kreativitas khusunya dalam pembuatan video, AplikasiTik Tok sendiri merupakan
platform untuk membuat video dengan efek spesial dan unik dengan mudah. Tik Tok
juga menyuguhkan berbagai macam musik untuk latar video,sehingga penggunanya
dapat menciptakan video yang lebih menarik.
3.Aplikasi tiktok ini juga berbasis video
dan musik, dan dapat melati diri remaja atau anak anak untuk mengasah skill
editing video, untuk konten-konten yang lebih bermanfaat.
Kekurangan :
1. Kurang Cocok Dengan Audiens Dewasa
Laporan Monthly Active User (MAU)
menyatakan bahwa TikTok memiliki 732 juta pengguna aktif dengan rata-rata
penggunanya berusia remaja hingga dewasa awal pada rentang umur 16-24 tahun.
Konsep TikTok sebagai media sosial berbasis konten video singkat yang menghibur
ini tentu saja menjadi populer di kalangan anak muda.
2. Algoritma TikTok itu Sendiri
TikTok memang terbukti dapat meningkatkan
brand awareness suatu produk. Namun, perlu kita ketahui bahwa TikTok sulit
untuk mengkonversikan tingkat brand awareness tersebut ke arah penjualan. Hal
ini dikarenakan TikTok sampai saat ini belum memiliki fitur yang dapat
menautkan link produk Anda ke situs penjualan secara langsung. Hal ini yang
kemudian menyebabkan sulitnya untuk mendorong penjualan atau klik melalui
TikTok.
3. Analytics Performance yang Sulit
Dilacak
Sistem analisis dalam aplikasi TikTok ini
hanya tersedia selama jangka waktu 28 hari. Hal ini menandakan apabila sebuah
bisnis memanfaatkan TikTok sebagai sarana marketing mereka, Anda harus
melakukan pencatatan manual secara rutin dalam jangka waktu panjang.
Pasalnya, historical performance sangat
penting untuk mengevaluasi seuatu strategi pemasaran, dan TikTok tidak bisa
menyediakan itu untuk waktu yang panjang seperti layaknya google analytics.
4. TikTok Sebagai Tren Sejenak
Pengguna TikTok selama beberapa tahun
terakhir ini terutama ketika pandemi memang berkembang sangat cepat. Hal ini
terjadi karena banyaknya orang yang berdiam diri di rumah dan membutuhkan
hiburan. Sehingga pada akhirnya mereka mencari hiburan melalui berbagai
platform media sosial, salah satunya adalah TikTok.
v Sumber
Referensi
http://eprints.undip.ac.id/75079/3/BAB_II.pdf
https://trikinet.com/post/apa-itu-tik-tok/
Komentar
Posting Komentar