TUGAS JEJARING SOSIAL “DESKRIPSI TENTANG SOSIAL MEDIA TIKTOK”

 

TUGAS JEJARING SOSIAL

 

“DESKRIPSI TENTANG SOSIAL MEDIA TIKTOK”


 

DISUSUN OLEH:

                        Nama  : Jefri Jayanto

                        NPM   : 13119128

                        Kelas   : 3KA22

 

 

 

 

FAKULTAS ILMU KOMPUTER & TEKNOLOGI INFORMASI

UNIVERSITAS GUNADARMA

PTA 2021/2022

 

 

 

v Media Sosial

Media sosial adalah media yang berupa situs dan aplikasi yang melibatkan teknologi berbasis internet. Media ini mendorong dan memungkinan penggunanya untuk saling terhubung dengan siapa saja di seluruh dunia. Media sosial juga merupakan sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun atas ideologi dan teknologi Web 2.0 yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran konten yang di buat pengguna.

Istilah Web 2.0 sendiri merupakan gagasan yang di ciptakan dan dipopulerkan oleh konsultan media Tim O’Reilly pada tahun 2003 (Lister, 2009: 204). Web 2.0 merujuk dari media internet yang tidak lagi hanya sekedar penghubung antara individu dan perangkat yaitu teknologi dan jaringan komputer, tetapi juga melibatkan individu untuk mempublikasikan secara bersama, dapat melengkapi dan mengolah data.

 

v Tik Tok

Tik Tok merupakan aplikasi asal China yang baru diluncurkan dan masuk di Indonesia pada akhir tahun 2017. Menurut Viv Gong, Head of Marketing Tik Tok mengatakan, Indonesia mendapatkan peringkat ke-6 terbesar di dunia dalam hal jumlah pengguna internet, sehinggal hal tersebut yang mendasari aplikasi Tik Tok masuk ke Indonesia. Tik Tok merupakan aplikasi yang di buat oleh perusahaan ByteDance asal China yang bergerak dalam bidang teknologi kecerdasaan buatan yang sudah terkenal di dunia dalam hal distribusi informasi melalui media atau produk elektronik. Tik Tok sendiri dapat diunduh oleh penggunanya melalui aplikasi android googleplay dan appstore. Secara global, aplikasi Tik Tok telah diunduh lebih dari 500 juta kali dengan penonton video harian mencapai 10 milyar serta 150 juta pengguna dengan negara kontributor tertinggi adalah Amerika Serikat dan Inggris.

Tik Tok merupakan media sosial baru yang memberi wadah kepada para penggunanya untuk dapat berekspresi mengasah bakat melalui konten video. Tik Tok menjadikan ponsel pengguna sebagai studio berjalan. Berdurasi kurang lebih 15 detik, aplikasi ini menghadirkan special effects yang menarik dan mudah digunakan sehingga semua orang bisa menciptakan sebuah video yang keren dengan mudah. Didalamnya terdapat Special effects seperti efek shaking and shivering pada video dengan electronic music, merubah warna rambut, 3D stickers, dan properti lainnya. Sebagai tambahan, kreator dapat lebih mengembangkan bakatnya tanpa batas hanya dengan memasuki perpustakaan musik lengkap Tik Tok. Hal tersebut yang menjadikan Tik Tok berbeda dengan media sosial lainnya dan mendukung pengguna untuk berekspresi dalam menyalurkan bakatnya.


v Perkembangan Tik Tok di Indonesia

Indonesia menjadi salah satu taget utama dari media sosial Tik Tok untuk menarik minat masyarakatnya. Dalam data yang dikeluarkan oleh Kemenkominfo bahwa Indonesia merupakan pengguna internet terbesar ke 6 di dunia dimana China menduduki urutan pertama kemudian Amerika Serikat, India, Brasil, dan Jepang di urutan berikutnya. Data itulah yang membuat Indonesia menjadi target besar bagi para pengembang aplikasi media sosial untu memasarkan produknya.

Kehadiran Tik Tok di Indonesia sendiri baru dimulai pada September 2017, menargetkan jumlah pengguna yang besar karena pengguna internet yang terus meningkat. Selain itu pihak Tik Tok juga menyadari bagaimana genereasi muda khusunya di Indonesia memilki rasa narsis dan kreatif, hadirnya profesi-profesi yang dilatarbelakangi oleh media sosial seperti Youtuber sebutan untuk pengguna yang aktif dan terkenal di media sosial Youtube, Selebgram sebutan bagi pengguna Instragam yang memiliki pengikut yang banyak dan terkenal dan lain-lain, hal ini yang melatarbelakangi Tik Tok akan terus berkembang di Indonesia.

v Fitur Fitur Tiktok

1.     Penambahan music

Sesuai dengan penjelasan di atas, Tik Tok merupakan salah satu platform video musik. Ini artinya salah satu fitur utama yang terdapat pada aplikasi Tik Tok adalah fitur penambahan musik. Anda dapat menambahkan beragam jenis musik yang sesuai dengan konten video yang ingin Anda buat.

 

2.     Filter pada video

Fitur ke-2 yang juga dapat digunakan oleh seluruh pengguna Tik Tok adalah fitur filter yang ada pada video. Pengguna bisa menambahkan filter pada video untuk mengubah tune warna pada video. Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan tone dan rona sesuai dengan objek video Anda.

 

3.     Filter sticker dan efek video

Tik Tok menyediakan setidaknya 5 kategori efek yang dapat Anda coba, diantaranya ada efek visual, efek sticker, efek transition, efek split dan juga waktu. Dalam efek stiker anda dapat menemukan beragam pilihan seperti, hot, classic, selfie, hair, funny, interactive, heart, vlog, animal dan glasses. Filer ini tak lain bertujuan untuk membuat video yang dibuat menjadi terkesan lebih kreatif.

 

4.     Filter voice changer

Pengguna kini dapat mengubah suaranya dalam video yang mereka buat dengan menggunakan fitur Voice Changer ini. Dengan beragam efek suara yang berbeda, pengguna kini dapat menambahkan keseruan dan kreativitas ke dalam video mereka dengan mudah.


 

 

5.     Filter Beautify

Bagi Anda yang ingin tampil lebih percaya diri disetiap video yang dibuat, Tik Tok menyediakan fitur beautify yang dapat membuat wajah para pengguna akan terlihat jadi jauh lebih cantik atau lebih tampan, bahkan terlihat lebih keren dan juga unik.

Selain itu, Fitur ini juga bisa mengatur bentuk wajah, warna mata, dan juga memperhalus wajah.

6.     Filter auto captions

Fitur ini merupakan salah satu fitur baru yang disediakan oleh Tik Tok. Fitur ini memungkinkan kreator konten Tik Tok menyertakan subtitle yang dibuat secara otomatis oleh aplikasi.

 

v Kelebihan dan Kekurangan dari Tiktok

 

Kelebihan :

1. Sebagai salah satu aplikasi yang dapat mendorong kreativitas seseroang dalam membuatsuatu karya.

2.Aplikasi untuk mengekspresikan kreativitas khusunya dalam pembuatan video, AplikasiTik Tok sendiri merupakan platform untuk membuat video dengan efek spesial dan unik dengan mudah. Tik Tok juga menyuguhkan berbagai macam musik untuk latar video,sehingga penggunanya dapat menciptakan video yang lebih menarik.

3.Aplikasi tiktok ini juga berbasis video dan musik, dan dapat melati diri remaja atau anak anak untuk mengasah skill editing video, untuk konten-konten yang lebih bermanfaat.

 

Kekurangan :

 

1. Kurang Cocok Dengan Audiens Dewasa

Laporan Monthly Active User (MAU) menyatakan bahwa TikTok memiliki 732 juta pengguna aktif dengan rata-rata penggunanya berusia remaja hingga dewasa awal pada rentang umur 16-24 tahun. Konsep TikTok sebagai media sosial berbasis konten video singkat yang menghibur ini tentu saja menjadi populer di kalangan anak muda.

2. Algoritma TikTok itu Sendiri

TikTok memang terbukti dapat meningkatkan brand awareness suatu produk. Namun, perlu kita ketahui bahwa TikTok sulit untuk mengkonversikan tingkat brand awareness tersebut ke arah penjualan. Hal ini dikarenakan TikTok sampai saat ini belum memiliki fitur yang dapat menautkan link produk Anda ke situs penjualan secara langsung. Hal ini yang kemudian menyebabkan sulitnya untuk mendorong penjualan atau klik melalui TikTok.

3. Analytics Performance yang Sulit Dilacak

Sistem analisis dalam aplikasi TikTok ini hanya tersedia selama jangka waktu 28 hari. Hal ini menandakan apabila sebuah bisnis memanfaatkan TikTok sebagai sarana marketing mereka, Anda harus melakukan pencatatan manual secara rutin dalam jangka waktu panjang.

Pasalnya, historical performance sangat penting untuk mengevaluasi seuatu strategi pemasaran, dan TikTok tidak bisa menyediakan itu untuk waktu yang panjang seperti layaknya google analytics.

4. TikTok Sebagai Tren Sejenak

Pengguna TikTok selama beberapa tahun terakhir ini terutama ketika pandemi memang berkembang sangat cepat. Hal ini terjadi karena banyaknya orang yang berdiam diri di rumah dan membutuhkan hiburan. Sehingga pada akhirnya mereka mencari hiburan melalui berbagai platform media sosial, salah satunya adalah TikTok.

http://www.gunadarma.ac.id/


 

v Sumber Referensi

https://www.campusdigital.id/artikel/kekurangan-tiktok-sebagai-media-digital-marketing?ref=farisfanani

https://www.scribd.com/embeds/478358355/content?start_page=1&view_mode=scroll&access_key=key-fFexxf7r1bzEfWu3HKwf

http://eprints.undip.ac.id/75079/3/BAB_II.pdf

https://trikinet.com/post/apa-itu-tik-tok/

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW TEMPAT KULINER

Urbanisasi

ETIKA DAN ESTETIKA